Pages

Apa itu PBL (Problem Based Learning) ?

Dalam proses perencanaan dan instruksi pelajaran terdapat 2 aspek perencanaan pelajaran yang berhubungan. Pertama, proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered), dan yang kedua adalah pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan metode yang berpusat pada siswa (learner-centered). Metode Learner-centered dianggap lebih sesuai dengan kondisi eksternal masa kini yang menjadi tantangan bagi siswa untuk mengambil keputusan secara efektif terhadap problematika yang dihadapinya.
Lalu apa itu PBL ?
Pembelajaran Berbasis Problem (Problem Based Learning) merupakan salah 1 strategi instruksional Learner-Centered. Menurut H.S Barrows (1982) , 
" PBL adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip men ggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru". Karakteristiknya antara lain:
    • §Menghindari pembelajaran terisolasi dan berpusat pada guru
    • §Menciptakan pembelajaran interdisiplin, berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
    • §Terintegrasi dengan dunia nyata dan pengalaman praktis
    • §Mengajarkan kepada siswa untuk mampu menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupannya yang panjang 
    • §Pembelajaran berpusat pada siswa dan terjadi pada kelompok kecil
    • §Guru berperan sebagai tutor dan pembimbing.
    • §Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
    • §Masalah adalah kenderaan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
    • §Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri. 
                                     
                                                     
     
          
    Apa tujuan diterapkannya strategi PBL  ? 
    Dengan diterapkannya strategi PBL dalam pembelajaran learner-centered akan melatih keterampilan penalaran ilmiah murid sehingga murid dapat berpikir kritis, berpikir tingkat tinggi , melek informasi, terampil dalam mengatur diri, dan bisa selalu belajar. Selain itu dalam bersikap, murid akan mampu menampilkan kerjasama yang baik, melatih keterampilan interpersonal, sehingga dapat meniru peran orang dewasa yang membuat mereka semakin bijak.




    Apa saja peran guru / dosen dalam strategi PBL ?
    §Disini guru/dosen sebagai pendidik akan mengajukan masalah otentik ataupun mengorientasikan siswa/mahasiswa kepada masalah. Selain itu, mereka akan memfasilitasi/membimbing penyelidikan (Scaffolding) pada saat eksperimen/ pengamatan, memfasilitasi dialog antara siswa, juga mendukung proses belajar siswa.
    Lalu, mengapa kita perlu menggunakan metode PBL ? 
    §Dengan metode PBL , seorang pendidik dapat memungkinkan siswa menjadi melek teknologi, melengkapi siswa dengan keterampilan dan rasa percaya diri untuk sukses dalam kompetisi global, dan juga mengajarkan inti kurikulum dengan cara interdisiplin. PBL juga akan meningkatkan pendidikan untuk semua siswa, mengubah pola mengajar dari 'memberitahu' hingga ke 'melakukan', m menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan minat lalu membuat keputusan sendiri,, serta memberi kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi tentang bagaimana mereka akan menemukan jawaban pertanyaan atau memecahkan masalah.

    Kebutuhan dan tantangan dalam proses pendidikan selalu berubah seiring dengan perubahan kondisi dan situasi zaman. Agar proses pendidikan yang kita jalani dapat menjawab tantangan zaman, maka kita pun harus berubah. Baik dalam cara berpikir, pendekatan maupun keterampilan baru yang kita perlukan dalam proses pembelajaran.  Perubahan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Kendala dan tantangan pasti akan menghadang, tetapi tantangan bukanlah untuk ditakuti melainkan akan menumbuhkan motivasi. Jadi, strategi perencanaan pembelajaran learner-centered khususnya dalam Problem Based Learning ini sangat berperan penting dan berguna sekali dalam membantu proses belajar siswa yang lebih efektif untuk pembelajar sejati yang tiada pernah berhenti untuk belajar.

    Daftar Pustaka : 
     Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana.
     http://akhmadsudrajat.wordpress.com/downloads/

        0 komentar:

        Poskan Komentar